InformasiHerbal.com

Pada awalnya sirih merah hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja karena keindahan daunnya. Daun sirih merah sangat indah. Daunnya bertangkai dan mengkilap. Sirih merah  tumbuh dengan baik bila ditempat yang teduh, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Seiring berkembangnya jaman, tanaman merambat ini mulai diteliti khasiatnya.

        Menurut seorang pakar herbal, R. Broto Sudibyo BSc., sirih merah yang mempunyai nama latin Piper Betle Linn mengandung senyawa saponin, flavanoid, polifenal, kavikol, kavibetol dan ponlen. Sumber lain menyebutkan bahwa senyawa flavanoid dan polifenal berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiflamasi.
        Selain mengandung senyawa tersebut diatas, sirih merah mengandung senyawa alkoloid, yang dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Pernah diadakan suatu penelitian dengan menggunakan tikus putih. Tikus putih yang terkena diabetes tersebut diberi air rebusan sirih merah. Dan hasil penelitian itu adalah menurunnya kadar gula dalam darah pada tikus putih tersebut. Hal itulah yang menjadi bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes militus bila di konsumsi secara rutin.
        Benar-benar merupakan berkah, karena banyak sekali manfaat dari sirih merah tersebut. Karena banyak manfaat yang didapat itulah yang membuat orang berlomba-lomba menanam tanaman ini. Hal senada dilakukan oleh Moch. Suyanto, seorang pensiunan PNS asal desa Krandon Lor, yang mencoba menyulap pekarangannya untuk menanam tanaman herbal, salah satunya sirih merah. Menurut beliau, pada awalnya beliau menanam tanaman tersebut dikarenakan keindahan daunnya saja, tapi sekarang beliau telah merasakan manfaatnya. Pemanfaatan sirih merah dapat dengan cara sebagai berikut: ambil 3 – 5 lembar daun sirih merah segar segera cuci dan direbus dengan 2 gelas air masak hingga mendidih sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas. Air rebusan tersebut lalu didinginkan dan di minum sehari sebanyak 3 kali sebelum makan. Bisa menambahkannya dengan madu untuk mengurangi rasa getir.
http://desiekabisa.blogspot.com/2010/10/sirih-merah-membawa-berkah.html

Berbagai macam produk herbal Sirih Merah bisa anda dapatkan di link berikut ini :
Aneka produk herbal Sirih Merah di Etalasemuslim


Leave a Reply