InformasiHerbal.com

sd

Mengapa obesitas pada anak bisa terjadi? Tidak akan pernah ada jawaban sederhana atas pertanyaan itu.

Mungkin lingkungan mengambil peran besar atas obesitas yang terjadi. Masyarakat pinggiran kota menderita akibat trotoar dan taman yang endorong mereka untuk berjalan kaki dan di kota sering terjadi tindak kejahatan, sehingga semakin menghapuskan niat untuk berjalan kaki.

Hal ini diperparah dengan pengurangan atau penghapusan jam istirahat dan kesehatan jasmani. Begitu pulang sekolah, anak langsung tergoda dengan video game, TV, dan komputer.

Sekarang, kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat seperti nasi, buah, dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, telah digantikan dengan makanan siap saji. Hal ini mungkin dikarenakan jaman yang berkemabang dengan cepat membuat orang tua ingin yang serba cepat karena mereka pun dituntut untuk bekerja, untuk itu mereka menjatuhkan pilihan pada makanan cepat saji untuk dikonsumsi anak.

Obesitas juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Meskipun dijumpai pada anak bahwa mereka memiliki resiko obesitas secara genetik, anak tidak ditakdirkan mengalami obesitas. Hanya saja, anak harus bekerja lebih keras agar terhindar dari obesitas, seperti dilansir babycenter.com.

Bila obesitas tidak segera diatasi, anak kemungkinan akan mengalami penyakit lain akibat obesitas ini, seperti asma, kolesterol tinggi, gangguan tidur, masalah ortopedi, depresi, dan diabetes. Yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan munculnya diabetes tipe 2, yang menempatkan anak pada resiko hipoglikemia(Penyakit Gula Darah Rendah), kebutaan, kerusakan syaraf, dan masalah kesehatan lainya, belum lagi kemungkinan memiliki umur yang tragis pendek.

untuk Anda yang khawatir apabila anak Anda mengalami kegemukan, berikut adalah tips untuk mencegah kegemukan sejak dini

1. Membantu anak memiliki kebiasaan makan sehat

Menyeimbangkan kalori yang terdapat pada makan anak dapat mengontrol nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh. Caranya yaitu dengan menyediakan makanan sehat yang seimbang atau yang biasa dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan.

2. Membantu anak selalu aktif

Salah satu cara untuk menyeimbangkan kalori adalah dengan melakukan aktivitas fisik dan menghindari aktivitas terlalu banyak duduk. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepak bola, lompat tali, berenang, bersepeda secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat lho, dari mulai meluruskan tulang, menurunkan tekanan darah, mengurangi stress, meningkatkan kepercayaan diri dan pastinya membantu pengaturan berat badan.

Sebaliknya aktivitas yang terlalu banyak duduk seperti bermain video games, computer, i-pad, dan menonton tv harus dikurangi. Bahkan, American Academi Pediatrics (APP) menganjurkan anak berusia 2 tahun ke bawah untuk tidak melakukan kegiatan seperti menonton tv, bermain video games atau pun internet.

3. Mengubah perilaku makan

Hindari ngemil (snacking) serta makanan tinggi kalori seperti cokelat, kue tart, es krim dan minuman ringan (soft drink). Biasakan anak makan di rumah atau batasi makan di pusat perbelanjaan, karena umumnya makan yang dibuat di rumah mempunyai kandungan kalori lebih rendah.

sumber : vemale.com

Berbagai macam Kemasan produk Herbal bisa anda dapatkan di link berikut:
http://www.etalasemuslim.com/

Leave a Reply