InformasiHerbal.com

gh

Pengertian osteoporosis – Penyakit Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis sering juga disebut sebagai silence disease karena gejalanya kasat mata dan tanpa terasa hingga tulang menurun kepadatan dan kualitasnya yang akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan risiko patah tulang meningkat. Penyakit Osteoporosis (keropos tulang) adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium.

Penyebab Osteoporosis

Secara umum penyakit osteoporosis disebabkan karena kurangnya kadar kalsium dalam kadar makanan yang di konsumsi sehari-hari sehingga secara perlahan darah mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan 1% kalsium dalam darah selain juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat sejak muda seperti merokok, makan-makanan junk food, minuman beralkohol serta jarang berolah raga yang akan mempercepat proses penurunan kepadatan tulang

tm

Gejala osteoporosis

Seperti yag telah disebutkan diatas bahwa osteoprosissering disebut sebagai silent disease karena kehilangan kepadatan tulang terjadi tanpa merasakan gejala dan banyak orang yang menganggap bahwa penyakit osteoporosis adalah gejala alam yang pasti dialami oleh setiap orang setelah berusia 30 tahun padahal osteoporosis bisa menyerang semua umur termasuk pada anak-anak sekalipun. Orang mungkin tidak tahu bahwa mereka telah mengalami osteoporosis sampai tulang mereka menjadi lemah sehingga tiba-tiba mengalami strain, benjolan, atau jatuh menyebabkan patah tulang pinggul untuk atau tulang belakang runtuh

Kenali gejalanya lebih dini, biasanya bagi penderita osteoporosis akan mengalami hal-hal berikut ini :

  • sering mengalami sakit punggung dan pinggang
  • kehilangan tinggi badan
  • kelainan bentuk tulang belakang seperti kyphosis (badan mulai bungkuk)
  • Postur kaki mulai bengkok biasanya berbentuk O
  • Osteoporosis dapat terjadi pada setiap tulang Anda, tetapi yang paling umum di pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang, juga disebut tulang belakang anda
Peranan Kalsium Mencegah Osteoporosis

Semua itu dapat dihindarkan jika sejak dini kita selalu mencukupi pemenuhan kebutuhan kalsium dan vitamin D agar dimasa tua nanti kita bisa terhindar dari ancaman osteoporosis meski setelah usia 20 tahun kita akan menghadapi masalah kekurangan dan ketidakseimbangan dalam pemenuhan kalsium untuk tubuh akibatnya kita akan kehilangan 1% kalsium dalam tulang setiap tahun.

Ketika kita berumur 50 tahun kalsium tulang akan hilang sebanyak 30 % dan setelah mencapai usia 70 tahun kita kehilangan kalsium tulang hingga dan akan menderita penyakit akibat kekurangan kalsium. Dengan berjalannya waktu jika kadar kalsium dalam makanan kita berkurang dan kalsium tulang diambil terus menerus maka lama kelamaan tulang menjadi keropos, apalagi setelah usia 30 tahun jumlah sel tulang lebih banyak dari sel yang tumbuh dan karena tubuh kita tidak bisa memproduksi kalsium sendiri, maka asupan kalsium dari makanan dan sumber lainnya sangat penting.

Bahkan setelah pertumbuhan tulang kita terhenti, kita pun tetap butuh asupan kalsium dalam jumlah cukup karena tubuh selalu kehilangan kalsium tiap hari lewat kulit-kulit yang mati, pertumbuhan kuku, rambut yang rontok dan juga keringat.

Selain itu kalsium juga terbuang lewat urin dan feses. Kalsium yang hilang tersebut harus diganti setiap hari melalui makanan. Kalau makanan kita tidak mengandung cukup kalsium, maka tubuh akan mengambilnya dari ‘cadangan’ kalsium, yaitu tulang dan gigi. Dan jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka Anda akan mengalami kekeroposan tulang dan gigi.

cara mencegah osteoporosis

1. Kontrol berat badan

Obesitas adalah teman baik dari osteoporosis. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga berat badan sehingga, tulang Anda tidak terlalu banyak berada di bawah tekanan.

2. Mengonsumsi kalsium

Osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium. Karena wanita cenderung kehilangan kalsium dari tubuh mereka dengan mudah, mereka harus memiliki proporsi yang lebih tinggi dari makanan yang kaya kalsium seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dll.

3. Jangan abaikan nyeri tubuh

Setiap jenis nyeri tubuh yang terjadi secara terus-menerus, terutama nyeri sendi, dapat menjadi pemicu osteoporosis. Jangan pernah menunda untuk pergi ke dokter dan mendapatkan tes tulang.

4. Jangan melakukan diet ketat

Diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda. Jangan melakukan diet semacam ini karena akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur untuk menjaga tulang Anda tetap fleksibel. Segala sesuatu yang tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama bisa jadi berkarat. Hal yang sama juga berlaku untuk tulang Anda.

6. Mengonsumsi suplemen berkalsium setelah menopause

Segera setelah Anda mengalami menopause, hormon estrogen yang melindungi tulang Anda akan berkurang sebagian besar. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi suplemen berkalsium segera setelah Anda berhenti menstruasi.

7. Berjemur di bawah sinar matahari

Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak dapat memproses kalsium. Dan Vitamin D diproduksi di dalam tubuh ketika Anda mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat.

Ini adalah beberapa cara sederhana namun efektif untuk mencegah osteoporosis secara alami. Selamat mencoba!

sumber : http://www.metris-community.com dan http://www.merdeka.com

Berbagai macam Kemasan produk Herbal bisa anda dapatkan di link berikut:
http://www.etalasemuslim.com/

1 Comment

Leave a Reply

Previous Post
«