InformasiHerbal.com

Belum tahu atau sudah tahukah anda tentang manfaat hewan bernama undur-undur..??

Begini ceritanya, tadi siang keponakan saya pulang main, bawa undur-undur dalam plastik.

“Mbah, aku nduwe undur-undur.”

“Endi..?? kene tak simpen e ben gak mati.”

Dan beberapa undur-undur dalam plastik pun diberikan :D trus disuntak ning njero cangkir.

“Ajeng kagem nopo to buk, undur-undure..??”

“Dinggo obat gula.”

“Weleh…..”

“Kanggo diabetes.

“Owalah…….”

1 Jam kemudian………………………….

Langsung golek info ning mbah google. dari mbah google, saya mendapat rujukan ke Profesor Wikipedia.

Mari kita baca bersama-sama.

Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.[1]

Nama “undur-undur” diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Di daerah Barat, hewan ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai “singanya para semut”.

Ingat, yang dimaksud undur-undur di sini adalah larvanya.

KHASIAT

Undur-undur mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) tinggi.

Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, yakni Dindin Hidayatul Mursyidin, Salahuddin Muhammad, Dian Pribadi Perkasa, Sekendriana, dan Prabowo, menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total antara 17,22-21,56 persen. Kandungan asam lemak omega-3 total (EPA dan DHA) juga cukup tinggi, berkisar antara 7,75-14,48 persen lebih tinggi dibandingkan dengan jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting.

Kandungan EPA (6,41-8,43 persen) lebih tinggi daripada DHA (1,34 – 6,57 persen). Penelitian kelima mahasiswa ini telah dipresentasikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, undur-undur dapat dikonsumsi langsung. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kandungan gizi yang lain, seperti mineral atau protein. Juga mengenai senyawa yang merugikan seperti logam berat dan racun.

Selain itu mengandung sulfonilurea. Zat ini melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Anda pasti tahu kegunaan insulin bukan..??

Diyakini juga, undur-undur dapat membuat regenerasi sel menjadi lebih baik. Mungkin karena sifat hewan ini suka mengerik tanah, hingga mampu menghancurkan plak-plak di dalam pembuluh darah.

Cara konsumsi

  • Bisa langsung diminum dengan air setelah dicuci.
  • Setiap hari @ 3 – 5 ekor.

http://enambelasseptember.wordpress.com/2010/11/26/manfaat-undur-undur/


Berbagai macam produk herbal undur-undur bisa anda dapatkan di link berikut ini :
Aneka produk herbal undur-undur di Etalasemuslim


 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *