InformasiHerbal.com

Khasiat temulawak memang banyak sekali, mulai dari meringankan penyakit berat seperti lever, hingga sebagai minuman untuk menambah stamina tubuh. Orang-orang dahulu sering menggunakan tanaman ini sebagai bumbu dalam masakan atau juga menggunakannya untuk menambah nafsu makan. Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza, merupakan salah satu dari herbal Indonesia yang sudah masuk ke dalam golongan fitofarmaka, dimana khasiatnya sudah bisa dipertanggungjawabkan, herbal ini sudah diuji secara klinis dan terjamin keamanannya.

Dalam dunia fitotherapi temulawak digolongkan sebagai adaptogen, yakni bahan yang tidak berbahaya dan dapat meningkatkan daya tahan untuk melawan racun bagi tubuh. Senyawa aktif yang terkandung dalam temulawak antara lain, kurkumin, xanthorrizhol dan germakron. Anti kolesterol merupakan salah satu dari khasiat temulawak, orang yang terkena kolesterol akan beresiko untuk terkena penyakit stroke ataupun jantung. Dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka kolesterol akan teratasi dan tentu saja resiko untuk terkena stroke juga akan berkurang.

Xanthorrhizol yang terkandung pada rimpang temulawak sangat bagus sebagai antimikroba dan antibakteri. Temulawak dapat digunakan sebagai benteng pertahanan terhadap gigi. Bakteri-bakteri seperti streptococcus, actinomyces viscocus dan porphyromonas gingivalis dapat dibunuh dengan ekstrak temulawak. Selain bakteri tersebut, temulawak juga mampu membunuh bakteri propionibacterium acnes, yakni bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Xanthorrhizol juga efektif melawan berbagai jamur penyebab penyakit, seperti aspergillus flavus, aspergillus fumigatus, beberapa spesies candida dan jamur lainnya.

Temulawak dapat digunakan sebagai pelindung hati, pemberian kapsul temulawak pada penderita hepatitis kronis dapat menurunkan nilai SGPT (serum glutamic pyruvic transaminase) dan SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase) sampai mendekati nilai normal. Penderita sirosis hati juga dianjurkan untuk rutin meminum temulawak. Osteoarthtritis merupakan penipisan sendi yang disebabkan turunnya kadar glukosamin dan kandroitin dalam tulang rawan, yang menyebabkan terjadinya radang sendi. Penyakit ini biasanya menyerang para lanjut usia, temulawak dapat mencegah radang sendi, karena memiliki efek anti inflamasi.

http://iklanpos.co.id/?p=4838


Berbagai macam produk herbal Temulawak bisa anda dapatkan di link berikut ini :
1. Kapsul Ekstrak Temulawak Tazakka
2. Kapsul Temulawak Dr. Liza


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *