InformasiHerbal.com

Manfaat sirih merah:
Di tengah tren kembali ke alam, membuktikan bahwa sirih merah bisa berperan sebagai bahan baku utama produk kecantikan. Sirih merah tampaknya bisa dipadukan dengan bahan alami lainnya, seperti minyak zaitun, wortel, avokad, susu murni, madu, mentimun, jeruk nipis dan buah-buahan serta sayuran organik.
sirih merah menyehatkan sekaligus merawat kulit. Apalagi aromanya segar. lulur sirih merah, teh herbal sirih merah dan kapsul ekstrak sirih merah ini diproduksi secara massal dengan standar mutu dan khasiat yang bisa dipertanggungjawabkan.
Air rebusannya yang mengandung antiseptik digunakan untuk kumur guna menjaga kesehatan rongga mulut, selain itu dapat pula dipakai untuk mencuci organ kewanitaan guna menyembuhkan penyakit keputihan dan bau tak sedap.
Selain bersifat antiseptik seperti sirih hijau, sirih merah juga bisa dipakai mengobati diabetes, kanker, peradangan, hipertensi, hepatitis, serangan jantung dan stroke, ambeien dan semua penyakit dalam. Jika dibuat teh herbal bisa mengobati asam urat, darah tinggi, kencing manis, maag, atau kelelahan. “Saya sudah membuktikan sendiri,” tutur Bambang Sudewa dari Klinik Herbal Center (KHC), Yogyakarta, yang sembuh dari diabetes karena rajin mengunyah sirih merah dan kini memproduksinya menjadi teh herbal.
TEMPAT TEDUH
Tanaman sirih merah lebih suka tumbuh di tempat teduh. Misalnya di bawah pohon besar yang rindang. Bisa juga tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk. Tanaman ini Hanya butuh 60 – 75 persen cahaya matahari,
Dengan tumbuh di tempat teduh, daunnya akan melebar. Warna merah marunnya yang cantik akan segera terlihat bila daunnya dibalik. Batangnya pun tumbuh gemuk. Bila terkena banyak sinar matahari, batangnya cepat mengering. Sebaliknya bila terlalu banyak kena air akar dan batangnya akan membusuk.

Musuh utama sirih merah adalah keong, bekicot kecil, dan semut. Kalau daunnya akan dipakai obat, hendaknya jangan menggunakan pestisida untuk menghalau hama. Yang jelas, hama tersebut harus segera dibuang. Saat menyiram pun tidak boleh sembarang memakai air, misalnya air kali. Karena banyak mengandung binatang kecil yang bisa merusak tanaman.

http://fajarjuniardi45.blogspot.com/2011/04/manfaat-sirih-merah-bgi-kesehatan.html


Berbagai macam produk herbal Sirih Merah bisa anda dapatkan di link berikut ini :
Aneka produk herbal Sirih Merah di Etalasemuslim


 

Leave a Reply