InformasiHerbal.com

Khasiat daun sirih merah – Mungkin timbul pertanyaan bedanya apa sih antara daun sirih dan daun sirih merah ?  yang pasti jika dilihat daun sirih biasa berwarna hijau sedangkan daun sirih merah berwarna hijau kemerahan bercampur aksen putih pada tulang daunya. Selain itu khasiat daun sirih merah juga berbeda dengan daun sirih yang biasa. Nah diantara khasiat daun sirih merah yang diketahui adalah untuk megobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, batu ginjal, hepatitis, mencegah stroke, asam urat, radang liver, kanker , hipertensi, keputihan, maag, nyeri sendi dan untuk perawatan kulit. Beragam Khasiat daun sirih merah yang dapat diperoleh ini dikarenakan kandungan zat yang terdapat pada daun sirih merah.

kandungan daun sirih merah

Kandungan senyawa flavonoid dan polivenol pada daun sirih merah berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. senyawa alkoloid pada sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan karvakol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai desenfektan, dan anti jamur, sehingga berfungsi sebagai obat kumur dan obat keputihan.Khasiat daun sirih merah dari kandungan senyawa eugenol berfungsi sebagai obat pereda nyeri atau analgetik. Kandungan tanin berfungsi sebagai penyembuh sakit perut khusunya diare dan juga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada luka.

Khasiat daun sirih merah untuk wajah

Daun sirih merah mampu mengatasi flek hitam di wajah, Wajah yang berjerawat sering menimbulkan masalah dengan timbulnya flek di wajah. Beberapa tips di bawah dapat membantu mengatasi flek hitam bekas jerawat dengan mengambil alah atu khasiat daun sirih merah :

  • cuci wajah dengan seduhan daun sirih 2-3 kali sehari, ini untuk mematikan bakteri jerawat.
  • Buatlah ekstrak belimbing wuluh dicampur sedikit garam, gunakan untuk membersihkan wajah. Ini berguna untuk anti radang dan mengecilkan pori pori bekas jerawat.
  • Uapi wajah dengan air teh.
  • Olesi jerawat dengan serbuk batang kayu manis yang dicampur dengan madu sebelum tidur dan bersihkan pada pagi harinya.
  • Jangan menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan kotor.
  • rajin rajinlah memakai masker terutama yang berjerawat karena keturunan dan alergi karena cuaca tertentu.

Khasiat daun sirih merah untuk keputihan

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih merah  :

  • Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih kedalam 2,5 liter air.
  • Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci miss V.
  • Lakukan berulang-ulang sampai terasa ada perubahan.
  • Bila masih tetap tidak ada perubahan. Segera berkonsultasi dengan Dokter.

Namun perlu diperhatikan dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering menggunakan air dari daun sirih tersebut biasanya warna dari Miss V akan menjadi tampak tidak segar atau malah menjadi agak kehitam-hitaman, jadi anda harus menggunakannya secara berkala atau tidak teralu sering. Serta untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sirih merah tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh para wanita yang sedang hamil, menyusui dan anak-anak dibawah umur 7 tahun. Semoga dengan membaca rangkuman ini sobat pembaca bisa mendapat sedikit pengetahuan mengenai khasiat daun sirih merah bagi kesehatan.

http://www.manfaatalam.com/khasiat-daun-sirih-merah.html


Berbagai macam produk herbal Sirih Merah bisa anda dapatkan di link berikut ini :
Aneka produk herbal Sirih Merah di Etalasemuslim


 

Leave a Reply